Blog yang berisi informasi tentang linux, program, blogger, seo, tutorial, security

Monday 3 February 2014

Apa itu SERP ?

Google Ads
Google Ads
Mungkin bagi para Blogger, sudah tak asing lagi dengan "SERP". Apalagi Blogger yang gemar mengikuti SEO Kontes. Tapi buat pemula seperti saya, akan bingung jika mendengar kata SERP.

Sebenarnya apa sih SERP itu? Berdasarkan apa yang pernah saya baca, dan sedikit tambahan dari pengalaman, saya akan rangkum pada postingan ini. SERP merupakan kependekan dari Search Engine Result Page , yaitu halaman yang muncul sebagai hasil dari pencarian yang dilakukan di search engine. Jika membahas SERP, pasti tak akan jauh-jauh dengan Google, Google sendiri saat ini masih menjadi search engine favorit yang sering digunakan dalam pencarian. Dalam sekali pencarian, Google bisa menemukan puluhan hingga milyaran hasil pencarian yang terbagi-bagi menjadi beberapa halaman.

Tiap halaman hanya menampilkan 10 website saja. Google mengurutkan hasil pencarian menggunakan algoritma tertentu. Contoh ketika anda ketik keyword "vergos303" di pencarian google, dan keluar hasil, itu yang dinamakan SERP. Namun lagi-lagi saya dibuat bingung dengan SERP, kenapa? karena hasil dari SERP itu sendiri. Misalkan begini, saya ketik keyword "Blog paling jelek di internet" di komputer A, lalu saya coba lagi pencarian tersebut di komputer B, hasilnya pun bisa berbeda. Tiap browser pun beda hasil, saya coba di google chrome, artikel saya jooossss, page 1!! Tapi saya coba firefox, miriisssss, hilang artikel saya. Ada yang berpendapat bahwa hasil SERP ada hubungannya sama IP yang digunakan serta history, cookies, cache dari browser yang digunakan. Namun, anda tidak perlu khawatir untuk mendapatkan hasil SERP yang benar dan tidak terpengaruh oleh beberapa faktor diatas. Ada beberapa pilihan, yaitu :

1. IP Google 173.194.69.94 - alamat IP Google yang tidak terikat pada kode negara, alamat kota, Browser yang sedang digunakan, dan jenis OS (operation system) yang digunakan, ataupun device yang sedang digunakan

 2. SEO SERP Checker - Sebuah website yang memberikan layanan untuk mengecek posisi web/blog di SERP. Caranya tinggal masukkan keyword, isi alamat web/blogmu, dan tekan SERP.

 3. SEO SERP Plugin - Sebuah plugin pada browser Google Chrome yang bisa digunakan untuk cek posisi Web/Blog anda di SERP.

 Mungkin cukup sekian penjelasan saya tentang SERP. Semoga dapat menambah database informasi anda.
Google Ads
Facebook Twitter Google+

Back To Top