Blog yang berisi informasi tentang linux, program, blogger, seo, tutorial, security

Tuesday 16 June 2015

CARA BELAJAR LINUX HANYA DALAM 5 MENIT

Google Ads
Google Ads

CARA BELAJAR LINUX HANYA DALAM 5 MENIT

Baiklah, terlalu sering (terutama di saluran IRC) ada waktu di mana bahkan pemula yang paling pengguna dihadapkan dengan terminal. Ia memiliki banyak nama: terminal, shell, konsol, "command prompt" bahkan sebagai sisa-sisa dari mereka yang akrab dengan Windows. Banyak orang takut untuk beberapa alasan atau lainnya, sehingga tutorial ini akan mencoba untuk memberikan Anda yang paling dasar dari perintah untuk memungkinkan navigasi dan tindakan sistem dasar dari kenyamanan keyboard Anda.

Mari kita mulai akan kita? Sejak versi Mint setiap orang bisa berbeda, saya tidak akan detail bagaimana benar-benar membuka terminal. Aku akan menganggap Anda dapat menemukannya di menu atau dengan mengklik kanan di desktop.

Fakta:

   1. Anda dapat melakukan hampir semua hal dalam terminal yang Anda juga akan dilakukan dari antarmuka GUI.
       
   2. Sebagian besar perintah dirancang pertama untuk bekerja di terminal, kemudian GUI menempatkan di atas mereka. Itulah mengapa beberapa GUI mungkin merasa kikuk - mereka adalah renungan di kali.
       
   3. Lokasi default untuk terminal anda untuk membuka dari menu dalam folder rumah Anda, juga dikenal sebagai ~
       
   4. Direktori Anda saat ini dapat dicatat oleh. operator. Sebagian besar perintah ketika mereka bertindak pada pemilihan folder saat ini, beroperasi pada.
       
   5. Perintah, lokasi, dan file adalah case sensitif. / Home adalah tidak sama dengan / atau Home / Home.
       
   6. Gunakan tombol tab untuk melengkapi nama file. Jika Anda memiliki driver lama berjudul, misalnya,
      driver-128947232jaseu.sh, cukup ketik dri dan akan mengisi sisanya, asalkan Anda tidak memiliki 2 nama dimulai dengan "dri" dan jika Anda melakukannya, tambahkan karakter lain untuk membuatnya "driv" dan coba lagi.
       
   7. Hampir perintah apapun dapat baca di penuh menggunakan manual atau dengan mengetik-h atau - help setelah menulis perintah awal. Sintaks ini adalah baik command_name manusia, command_name-h, atau command_name - help.
       
   8. Untuk mendapatkan informasi lebih, Anda dapat menggunakan info. Sebuah perintah dapat dicari dengan menggunakan command_name info. Untuk sebagian besar dari perintah-perintah yang merupakan bagian dari paket coreutils, seseorang dapat menemukan info juga menggunakan coreutils Info doa command_name mana command_name diganti dengan perintah mencari.
       
   9. Hampir setiap perintah juga dapat secara eksplisit menampilkan apa yang terjadi. Hal ini dilakukan biasanya oleh-v atau - verbose
       
  10. Anda dapat menentukan flag perintah ganda untuk perintah pada waktu untuk mendapatkan informasi lebih lanjut (lihat contoh ls-al di bawah ini.)
       
  11. Nama perintah tidak selalu tumpul - karena keterbatasan ruang di hari tua Unix mereka dipersingkat, dan konvensi terjebak.

Perintah:

cd -> Digunakan untuk menavigasi direktori. Anda dapat memindahkan ke lokasi dengan jalan.

   1. cd ini akan menggerakkan Anda kembali ke rumah Anda, sama seperti cd ~
   2. cd .. Ini akan membawa Anda kembali tepat satu direktori. Mulai di / home / justin / Desktop, cd .. akan menempatkan saya ke / home / justin. Hal ini dapat diperluas, cd .. / .. / dari lokasi Desktop sebagai gantinya akan membawa saya kembali 2, dari Desktop ke / home.
   3. cd foldername / ini akan menggerakkan Anda maju ke folder diberikan dalam folder Anda saat ini. Perhatikan awalan hilang / itu adalah kelalaian penting. jika saya di / home / justin dan saya ingin mendapatkan ke Desktop, saya harus mengetik cd Desktop / tanpa / sebelum Desktop. Mengetik / sebelum menempatkan kita di root file system, yang tidak benar.
   4. cd / beberapa / lain / Jalan ini akan membawa Anda ke jalan folder tertentu, seandainya itu ada sebagai diketik persis. Jangan lupa tab completion Anda!

ls -> Digunakan untuk membuat daftar isi folder. Anda dapat melihat berbagai jenis file dan atribut folder.

   1. ls Dengan sendirinya, ls hanya akan menampilkan semua file dalam folder saat ini. Dari fakta # 4, ini benar-benar tidak ls.
   2. ls-l Menyediakan format daftar lagi termasuk pemilik, perizinan, ukuran, dan tanggal dimodifikasi.
   3. ls-a Menampilkan file dan folder tersembunyi serta daftar normal.
   4. ls-al Kombinasikan pilihan untuk menampilkan kedua file tersembunyi dan dalam format panjang.
   5. ls-h Tampilkan ukuran file dalam format yang dapat dibaca manusia (K, M, GByte) filesizes bukan byte. Sering digunakan dalam conjuction dengan l-bendera.
   6. Anda dapat melihat file dalam direktori Anda bahkan tidak masuk Jika saya di / home / justin / Desktop, dan saya ingin melihat file di / home / justin, aku bisa melakukan ls .. file / daftar satu direktori kembali (dan tidak harus kembali untuk melakukannya.)

cp -> Menyalin file

   1. berkas cp / path / ke / folder Salin file yang ditentukan untuk path yang diberikan.
   2. cp-r folder / path / ke / folder secara rekursif Salin isi folder ke folder lain.
   3. cp ekstensi * /. path / ke / folder Salinan file-file dengan ekstensi yang diberikan ke folder baru. Untuk menyalin semua file doc., Menjadi cp * doc / path / ke / folder dan. Folder harus ada.
   4. nama cp * / path / ke / folder Salin semua file yang dimulai dengan 'nama' ke folder tertentu. Untuk menyalin semua file yang dimulai dengan contoh, menjadi contoh cp * / path / ke / folder dan folder tersebut harus ada.

mv -> Move File

   1. Sintaks dari mv mirip dengan contoh di atas dengan cp dibebaskan misalnya # 2. mv tidak mengambil-r bendera sejak pindah folder juga bergerak isinya. Sintaksnya adalah tidak tepat dalam segala hal, tetapi bekerja dengan contoh di atas. Konsultasikan halaman manual Anda untuk lebih jelasnya.

rm -> Hapus file

   1. Untuk semua maksud dan tujuan, menghapus file melalui rm adalah permanen. Tidak menggunakan Bin Sampah. Gunakan dengan hati-hati dan pastikan Anda menghapus secara eksplisit apa yang Anda inginkan, bukan apa yang menurut Anda inginkan. Jika Anda memutuskan untuk mendapatkan mewah dengan perintah hapus Anda, itu mungkin akan kembali menggigit Anda.
   2. file rm Hapus file tertentu dari sistem.
   3. rm-r folder Hapus folder tertentu dari sistem
   4. rm-rf folder Menghapus folder tertentu paksa dari sistem. Perintah ini sangat dapat mematahkan konfigurasi Anda jika digunakan secara tidak benar karena tidak akan meminta Anda jika sesuatu yang penting sedang dihapus. Jika Anda harus menggunakan ini, kemungkinan sesuatu yang lebih rusak atau ada kesalahan yang dibuat. Hal ini seharusnya hanya digunakan sebagai metode terakhir namun dan tidak direkomendasikan.

nano -> baris perintah editor teks penuh

   1. Satu dapat mengedit file menggunakan nano di terminal untuk melakukan file cepat dan kotor semua jalan sampai dengan konfigurasi penuh. Ini berguna, namun perlu diingat menangani file teks biasa dan file program, hal-hal seperti dokumen MS Word tidak akan terbuka dengan baik!
   2. Jika suatu file dimiliki oleh root, tidak dapat diedit sebagai user biasa. nano harus diawali dengan sudo untuk menyimpan perubahan. Jika tidak, itu akan terbuka di modus read-only.
   3. nano newfile.whatever Nano menciptakan sebuah file baru dengan nama tertentu dan membukanya untuk diedit.
   4. nano existing_file Nano membuka file yang ada untuk mengedit.
   5. Dari dalam nano
         1. Simpan file dengan menggunakan ctrl + o kombinasi tombol, dan baik mengubah nama atau tekan entier untuk menjaga nama yang sama. Ini akan menyimpan file.
         2. Keluar nano dengan menggunakan ctrl + x kombinasi tombol. Jika Anda memiliki perubahan yang belum disimpan, ia akan menanyakan apakah Anda ingin menyimpan.

mkdir -> Buat direktori

   1. mkdir FOLDER_NAME Membuat folder dengan nama tertentu
   2. mkdir-p / path / ke / folder / nama Menciptakan setiap folder yang diperlukan. Untuk membuat folder / home/justin/newfolder/2ndfolder, dan hanya / home / justin ada, menggunakan mkdir-p akan membuat kedua direktori Newfolder dan 2ndfolder.

ps -> Daftar proses

   1. ps aux Daftar semua proses secara rinci yang berjalan pada sistem, termasuk pengguna, Process ID (PID), dan nama proses. Menggunakan ini, seseorang dapat melihat daftar proses mereka dan jika perlu, membunuh proses yang tidak perlu atau macet.

membunuh / killall / xkill -> Membunuh proses menyinggung.

   1. membunuh PID PID adalah nomor referensi proses menyinggung. Orang harus mendapatkan PID dari perintah seperti ps aux. Jika proses menolak untuk mati, salah satu alternatif dapat menentukan kill -9 PID yang harus menghentikan proses dengan cara apapun, bahkan uncleanly atau jika itu akan mengacaukan sistem.
   2. killall killall membunuh Program * nama * semua contoh kata program. Jika ada misalnya 3 firefox sesi terbuka, killall firefox akan melakukan hal itu; membunuh semua sesi firefox. membunuh hanya akan mengambil PID tertentu dari proses firefox menyinggung Anda ingin membunuh, dan membunuh yang satu-satunya.
   3. xkill adalah cara GUI untuk klik dan membunuh jendela. Mengetik dalam xkill harus memberikan ikon tengkorak dan tulang bersilang-dan jendela berikutnya diklik akan dibunuh.

Pipa -> Hal yang paling berguna Anda akan belajar di * NIX. Mengarahkan output dari sebuah program untuk input anothers.

   1. Pipa diwakili oleh 'bar lurus' atau dikenal sebagai | kunci ''.
   2. Ini adalah kunci jarang digunakan di Windows, sering ditemukan pada tombol backslash.
   3. Mereka digunakan untuk menghubungkan perintah bersama. Pipa mengambil output dari satu perintah dan rute untuk digunakan sebagai input untuk perintah kedua dirantai bersama-sama.
   4. Konsultasikan sumber daya online lebih banyak dengan informasi tentang pipa dan penggunaannya karena ada volume.

> Dan >> redirectors -> Kirim output ke file bukan terminal.

   1. > Digunakan untuk * menimpa * yang ada saat ini isi file dan mengganti dengan output dari perintah baru.
   2. >> Digunakan untuk * append * informasi ke file yang ada saat ini. Hal ini berguna untuk logging.
   3. Contoh: ps aux> processes.log Mengirim output dari ps aux ke processes.log file untuk melihat output perintah dalam editor teks dan menimpa isi saat file.

tee -> Kirim output untuk kedua file dan terminal

   1. tee digunakan bersama dengan '|' untuk mengambil output perintah dan mengirimkannya tempat lain. Ini berguna jika ada kesalahan yang terbang dengan layar sebelum Anda bisa membacanya, cara apa pun yang terjadi di layar juga ditangkap ke file.
   2. Contoh: dmesg | boot.txt tee akan menjalankan perintah dmesg yang menunjukkan informasi booting awal, dan '|' mengirimkan output dari dmesg untuk tee, yang kemudian melakukan pekerjaannya dengan mengirimkannya ke terminal dan boot file log txt..

Eksekusi File -> Jadi, Anda ingin menjalankan file atau program dari terminal? Pastikan itu ditandai dieksekusi. Jika tidak, lihat Quick Tip # 4 di bawah.

   1. Perlu menjalankan file dalam direktori saat ini setelah ditandai dieksekusi? The / operator. Dapat mengeksekusi file sebagai user biasa asalkan Anda tidak memerlukan hak root. / Harfiah. Berarti "di direktori saat ini" sehingga tidak bekerja pada file di luar direktori ini.
       
   2. Perlu menjalankan file tidak di direktori saat ini? Anda harus memberikan path dari program yang mengeksekusi tepat. Jika ini adalah program python, itu python / path / ke / file dan jika itu adalah file shell, adalah sh / path / ke / file sebagai contoh. Tentu saja ada program lain, tetapi ini akan menjadi yang paling umum untuk pemula.
       
   3. Perlu menjalankan file dengan hak root karena Anda menerima operasi tidak diizinkan? Awalan perintah dengan sudo. Jadi, dari contoh di atas, sudo python / path / ke / file akan mengeksekusi script dengan hak root.
       
   4. Perlu menjalankan program GUI dari terminal? Cukup ketik nama program (kasus sensitif!) Dan akan memulai. Ini akan membuat terminal saat ini tidak dapat digunakan. Menutup terminal sementara program terbuka akan membunuh program. Cara yang lebih baik adalah dengan latar belakang program, menggunakan program_name & dan kemudian mengetik kata keluar di terminal untuk menutupnya dan menjaga proses berjalan.
       
   5. Perlu untuk menjalankan program GUI dengan hak root dari terminal? Awalan dengan gksudo atau gksu dan tidak sudo. Menggunakan sudo untuk menjalankan aplikasi GUI adalah kebiasaan buruk dan harus dihindari.
       
   6. Jangan, jangan * tidak * menggunakan sudo hanya karena sesuatu yang menerima "Operasi tidak diijinkan." Perlu diingat apa yang Anda lakukan yang Anda bisa benar-benar * menghancurkan * sistem dengan menjalankan perintah di tempat yang salah dengan hak root. Hal ini tidak dapat ditekankan cukup. Pastikan file Anda berasal dari sumber terpercaya.

Cepat tips:

   1. Kehilangan diri dalam direktori? Tidak yakin di mana Anda berada? Ketik pwd untuk mencetak direktori kerja.
       
   2. Ingin menghitung ruang disk Anda dengan cepat? df-h dapat memberikan pemeriksaan cepat.
       
   3. Ingin menghitung ukuran folder atau file dengan cepat? du-cksh target_name dapat melakukan hal itu. Ingin menghitung ukuran dari folder saat ini? du-cksh.
       
   4. Perlu untuk menandai file executable? chmod + x nama file bisa melakukan itu. Lain kali Anda melihat file yang Anda butuhkan untuk mengeksekusi dan tidak ditandai dieksekusi, sekarang Anda tahu bagaimana memperbaikinya.
       
   5. Ingin me-mount iso seperti Daemon-Tools di Windows? Linux telah fungsi ini built in Cukup membuat direktori di suatu tempat, misalnya / home / justin / isomount, dan mengeluarkan perintah mount-o loop / path / ke / myisofile.iso / home / justin / isomount dan isi akan dipasang di dalam folder itu.
       
   6. Jalankan perintah sebelumnya, Anda perlu menjalankan ulang, tapi Anda tidak bisa ingat apa itu sebenarnya? Ketik sejarah ke dalam terminal dan akan mencetak sejarah perintah Anda. Ingin menghapus sejarah Anda? sejarah-c akan menghapus informasi.
Google Ads
Facebook Twitter Google+

Back To Top